Tuesday, November 6, 2012

coretan seorang pejuang

akhirnya gua bisa nyoret" lagi di disini setelah di gempur di krida. masa basis gua udah selesai dan gua sudah bisa bernapas bebas dan merasakan indahnya kota jakarta lagi karna gua lg libur seminggu setelah masa basis.

banyak banget yg bakal gua tulisin disini tentang pengalaman disana yg menurut gua ga semua org bisa ngalamin pengalaman tersebut dan gua merasa gua beruntung bisa ngerasain hal ini. mungkin post ini adl post gua yg paling panjang di banding post gua yg lain, jadi kalo banyak ketikan yg salah tolong di maklumi aja

pertama kali mau masuk krida tgl 7 juli itu rasanya nervous banget. gua ga napsu makan dari rumah, muka gua pucet, pengen muntah, pokonya ga niat ngapa-ngapain. berat rasanya ninggalin tempat dimana semua aktifitas lu bisa dibilang di kontrol dari situ. jujur gua blm siap untuk di atur hidupnya (sampe sekarang). hati semakin mengelak ketika gua sudah melihat pintu masuk krida di depan mata, rasanya hati gua ngomong "mampus, inilah saatnya gua membunuh masa-masa muda gua". lebih" lagi pas detik" terakhir ngomong sama orang tua, nyokap gua nangis, semakin berat rasanya buat ninggalin kehidupan gua tp nyokap gua pasti ngerasai yg lebih berat dr yg gua rasa saat itu. saat gua melangkah menjauh dr org tua, setiap langkah yg gua lakukan membuat air mata nyokap semakin menetes, dan saat nyokap gua hilang dari pandangan gua...JENG! inilah saatnya, saatnya gua untuk memasuki dunia neraka, tidak ada yg bakal ngabantuin lu, nasehatin lu. semuanya akan lu jalani sendiri

2 minggu disini rasanya kayak 2 taun. rasanya pengen pulang terus, 2 minggu pertama membuat gua jadi homesex homsick, ga ada hiburan, satu"nya hiburan adl ngeliatin kota bandung dr jendela balkon, tp yg ada bikin homesex homsick gara" ngeliat jalan tol, lebih terasa seperti penjara di banding asrama.

disana gua di ajarkan bagaimana kita bisa korsa(komando satu rasa), melakukan hal terbaik untuk angkatan. "satu sakit, semua sakit!" itulah yg di katakan oleh senior gua. terlintas di pikiran gua mikir ini org bego atau sakau, kalo satu org sakit, kita harus ikutan sakit, nanti yg ikut basis siape. ternyata yg dimaksud adl kita harus ngebantu yg sakit, ngasih semangat ke dia.

a day to remember - homesick


Everything around me seems so much different than where I'm from
And at this rate I think my fate's been sealed
This life's so unpredictable
We'll go continue to live a life that no one knows
Where's this gonna go?

Right here, right now
This is the beginning of the end
And I won't sing one single thing until we can get this right
I'm moving on
I'm moving on

Hey mom, I wrote you some soft songs
And tell dad I'm just fine
We had to choose
We made our moves
And now we got to go, go

Everything about me seemed so much different when I was young
I couldn't wait to take my place
Five years have passed
Good god have I been gone?
So why, I've never felt so alone in my whole life
Times not on my side

Right here, right now
This is the beginning of the end
And I won't sing a single thing until we can get this right
I'm moving on
I'm moving on

Hey mom, I wrote you some soft songs
And tell dad I'm just fine
We had to choose
We made our moves
And now we got to go

And why's this make me so nervous?
Why does everything go wrong?
Why's this make me so nervous?
Why does everything go wrong?

I'm holding on to a fairytale
We're moving forward but we're not there yet
I'm holding on to a fairytale
We're moving forward
we're moving forward

I'm holding on to a fairytale
We're moving forward but we're not there yet
I'm holding on to a fairytale
We're moving forward, we're moving forward

Hey mom, I wrote you some soft songs
And tell dad I'm just fine
We had to choose
We made our moves
And now we got to go

And why's this make me so nervous?
(You make me so, you make me so)
Why does everything go wrong?
Why's this make me so nervous?
(You make me so, you make me so)
Why does everything go wrong?



lagu ini mempunyai isi yg sama persis seperti apa yg gua alami di krida selama satu bulan pertama, lagu ini pas banget.

sebulan disana gua udah mulai merasa nyaman, udah mulai nikmatin hidup, dan saat gua dengerin lagunya pas band yg kesepian kita, membuat gua terinspirasi

Hidup ini, hanya kepingan, yang terasing dilautan.. Memaksa kita, merubah jadi tawa

dilagu ini membuat gua mikir, buat apa mikirin hiduplu yg udah terlanjur disini, mau di pikirin sampe ketek obama wangi juga ga bakal bisa terulang waktu buat milih sekolah. mau seburuk apapun sekolah yg lu alami, lu harus hadapin dengan tawa, dengan semangat muda yg membara *cieelah. namanya belajar pasti ada ga enaknya, banyak mungkin. mungkin bagi lu belajar sampe malem udah cape banget, beda sama gua. bangun subuh, abis itu olah raga, waktu mandi buat sekolah cuman 5 menit, pulang sekolah olahraga sampe jam 5, waktu mandi sore 5 menit, abis itu turun magrib+isya, naik asrama jam 8 malem, 8-9 belajar, waktu belajar gua cuman 1 jam. 9-10 ronda malam(pengecekan kerapian kamar). 10, istirahat. gua gapunya waktu istirahat sebenernya. abis ronda malem gua sempatkan buat belajar semampu gua. belajarnya juga ga enak, udah cape, pagi sore olahraga. belajar udah gak konsen. di sekolah pasti tidur. pokonya capek banget deh. makanya buat lu yg sekolah di sekolah tdk berasrama, mau yg unggulan atau tidak, mau yg pelajarannya susah atau enggak, belajarlah semaksimal mungkin. kalian masih enak UTSnya tidak dibebani dengan nyuci pakaian dan beres" asrama. saran gua buat kalian yg sekolahnya biasa, belajar yg semangat sama jgn menyianyiakan masa SMA kalian. nikmatin hidup kalian.

kalo lu tanya " kalo lu ga mau nyenyianyiakan masa sma lu, kenapa lu milih krida?" pertanyaan yg sejujurnya ga bisa gua jawab. cuman gua bakal jawab gini "untuk memerdekakan indonesia, diperlukan pengorbanan selama beratus-ratus tahun. utk mencapai sesuatu yg indah di masa depan nanti, kita harus berkorban dl". gua mendapatkan banyak kata" emas dari bokap gua yg sangat berarti buat gua. bokap gua bisa kaya sekarang karna dia punya mental baja, dia tahan dari caci maki org. knp bisa begitu? karna mentalnya sudah terbentuk dr dia masih kecil yg tidak bisa gua ceritakan bagaimana masa kecilnya.

don't think too much

kalimat yg di ucapkan bokap gua sebelum gua masuk krida. jgn pernah mikir terlalu banyak, apa yg ada di hidup sekarang ini, nikmatilah, perjuangkanlah. misalkan lu bsk ulangan biologi, terus babnya banyak dan apalannya kaya tai semua. terus lu mikir "anjeng ulangan biologi bsk, mampus gua, apalannya banyak banget, gurunya matanya jeli banget jd susah nyontek, males sekolah dah bsk, remed juga belom tentu ngebantu" , itu ga bakal ngebantu lu, yg harus lu pikirkan adalah simple "bagaimana gua bisa membuat ulangan biologi semudah nelen bubur". jalanin aja masalah yg ada di hidup lu sekarang, jgn pernah mikir terlalu jauh.

be a cowboy who never die

kalo yg ini udah pernah gua bahas di post gua dl, yg jelas jgn pernah ngedown kalo lg dpt masalah. banyak org terutama cewe, kalo dpt satu masalah, langsung galau, ga semangat hidup, ujung"nya sakit. kalo di ibaratkan koboy, lu baru ditodong pistol ke muka lu, blm di tembak. di krida gua selalu mendapat banyak masalah, entah itu utang pushup ke senior, kangen orang tua, blm nyuci baju, punya masalah sama temen, pokonya mental lu di aduk" disana. tp kalo kita cuman bisa galau masalah" itu ga akan selesai, lu harus berdiri dan menangkis peluru" itu dengan kekuatan lu.

kegagalan adalah hasil, bukan kecelakaan

kata bokap gua itu, setiap usaha yg kita perbuat pasti ada hasilnya. kalo org bilang hasilnya cuman satu, yaitu 'berhasil'. dan menurut mereka kegagalan itu bukan hasil, tp kecelakaan. beda sama bokap gua yg mendefinisikan bahwa kegagalan adalah hasil. karna bokap gua pernah gagal dlm perjuangannya, dia bilang "kita udah berjuang, tp kita ga berhasil, yaudah." simple banget ngomongnya, cuman itu bener, hasilnya adalah 'gak berhasil' kalo di ulangan harian, di ibaratkan kita dpt remedial. kalo mau berhasil, ya berarti ngulang dari awal, beda sama di perbaiki. kalo di perbaiki, ada kemungkinan cacat pd saat di perbaiki, tp kalo di ulang, kita bisa dengan teliti mempelajari dari kegagalan kita sebelumnya.

latihan itu 1000x lebih capek dr pelaksanaannya

kalo ini gua dpt dr pelatih gua di krida. latian itu ga enak, capek, ngebosenin, bikin kesel. tp semakin lu kesel sama latian itu dan tetep lu jalanin, hasilnya bakal semakin bagus. namanya juga latian, pasti ga enak. ini hubungannya sama belajar. lu kesel nih sama apa yg lu pelajari sekarang, jalanin aja. rasa capek lu akan terbalas nanti di hari H, yaitu pas lu sukses nanti. 

masih banyak sebenernya cuman gua lupa. yg jelas gua di krida dpt pengalaman yg berarti banget. 

guru pkn gua bilang, "sekolah itu ga enak kan? jujur ibu bilang emang ga enak. kalian sekolah itu sama aja kaya kalian dijajah, di atur, disuruh beginilah disuruh begitulah. tp ingat kalian itu baru di jajah inggris" ya mungkin yg jago sejarah langsung ngerti. gua pun butuh waktu sekitar 5 menit buat ngertiin kalimat tsb. 


dan bagi yg udah ngerti, selamat. yg blm, coba kalian liat negara yg bekas dijajah inggris, australia, malaysia. mereka adalah negara yg hebat. australia. udah ga usah ditanya. malaysia. dia mereka, liat teknologinya, canggih. jauh sama negara kita. inggris itu menjajah negara dengan cara yg mendidik, sama kaya kita sekolah. sekolah emang ga enak, yg bikin enak paling ketemu temen bisa main, bisa ketemu cewe kalo satu sekolah. tp efek dr sekolah yg sebenarnya adl pas kita udah dewasa nanti *nunjuk awan

PEMBARETAN, masa untuk membuktikan hasil olah raga selama 2 bulan ini. pembaretan itu ga cape. cuma jalan 13 km, sampe gunung, nginep semalem, udah deh dpt baret. yg membuat pembaretan capek adalah latian untuk pembaretan itu sendiri.

setelah pembaretan gua udah di ijinin jajan di OMI (semacam indomart). karna emang dasarnya ga demen ngemil, gua pun jarang ke OMI. 

gua pun udah mulai bingung mau ngomong apa disini. yg jelas gua aja bisa seneng di krida walopun gua harus nyuci sendiri, ngapa"in sendiri, kalo sakit ga di jenguk bokap nyokap. kalian bangun mungkin ga beresin kamar dl, langsung mandi, berangkat sekolah, pulang sekolah, tidur, belajar lg malem, masa masih stres. buang semua rasa stres lu dr otak lu, ganti sama semangat hidup lu, nikmatin hidup lu, jgn sia siakan, masa mudah itu masa yg paling indah, sayang kalo di lewatin. tp inget, jgn pernah nyentuh narkoba dan free sex! satu pesan terakhir dr gua, buat yg sedang memperjuangkan sesuatu, apapun itu, ingat, SEMUA PASTI INDAH PADA WAKTUNYA





the end



No comments:

Post a Comment